Relokasi Gunakan Sistem Tukar Guling

By Dinas Pertanahan 19 Apr 2018, 09:50:09 WIB Pertanahan
Relokasi Gunakan Sistem Tukar Guling

Keterangan Gambar : relokasi gunakan sistem tukar guling


Warga yang tinggal di kawasan tanggul Waduk Benanga telah dipindahkan ke Trek Dayung. Relokasi ini menggunakan sistem tukar guling. Kini pemkot harus menyiapkan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) untuk warga bersangkutan.

Kabid Keagrariaan Dinas Pertanahan Samarinda Yudiansyah mengatakan, untuk menyerahkan aset kepada masyarakat, pihaknya memerlukan persetujuan dari DPRD. “Kami sudah bersurat kepada dewan,” ujarnya.

Sekarang, pihaknya tengah membuat surat penunjukan lahan untuk masing-masing warga. Ini berdasar kesepakatan yang telah dibuat sebelum pemindahan. “Surat penunjukan sifatnya sementara. Yang jelas, SPPT yang diberikan nanti sama persis dengan surat ini,” ungkapnya.

Menurut dia, tidak mudah melepas aset pemerintah dan diserahkan kepada warga. Ada prosedur yang harus diikuti. Apabila tak dilakukan bisa bermasalah. “Bisa berakhir pidana. Karena itu, kami lengkapi administrasinya. Karena tidak gampang,” bebernya.

Pria yang akrab disapa Yus itu memastikan, pelepasan aset tersebut bukan mengurangi aset pemerintah. Pasalnya, terlaksana dengan sistem tukar guling. “Tidak ada yang dirugikan. Pergantian pun mengikuti hasil appraisal. Jadi, sudah sesuai prosedur,” terangnya.

Dia menambahkan, akan berkoordinasi secepatnya dengan dewan, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat SPPT-nya. “Kami ingin warga diperlakukan adil,” jelasnya.

Sumber : Prokal.co




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Penilaian Website

Bagaimana menurut anda tentang website Dinas Pertanahan Kota Samarinda?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang Baik

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video