Sengketa Lahan Mulai Bermunculan
Camat Minta Warga Tempuh Jalur Hukum

By Dinas Pertanahan 02 Mei 2017, 14:23:20 WIB Pertanahan
Sengketa Lahan Mulai Bermunculan

Sengketa lahan mewarnai polemik di kalangan warga Loa Janan Ilir (LJI). Mulai dari lahan milik kerajaan, hak waris, hingga sertifikat ganda. Hal ini sempat membuat Plh Camat LJI Nofiansyah Hendra Hakim kebingungan. 
Pria yang akrab disapa Nofi itu menjelaskan, ada beberapa masalah sengketa lahan yang harus ia selesaikan saat ini. Kasus sengketa lahan tersebut tersebar di beberapa kelurahan. “Sekarang ini masalah sengketa lahan mulai bermunculan,” terang Nofi. 
Tak jarang, akibat masalah ini adu fisik tidak terhindarkan. Bahkan ada pula pihak yang merasa kurang puas menggandeng kelompok Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk merebut lahan yang diyakini adalah miliknya dari tangan pihak lain. 
Nofi menyebut, hal-hal semacam itu seharusnya tidak perlu terjadi. Karena bagaimana pun semua permasalahan dapat diselesaikan melalui musyawarah hingga menempuh jalur hukum. 
“Saya kita kita bisa menyelesaikan semua masalah dengan baik. Termasuk sengketa lahan. Ada aturan yang sudah ditentukan, silahkan digunakan untuk mencari keadilan,” terangnya. 
Munculnya masalah ini menurut Nofi harus menjadi pelajaran bagi masyarakat. Khususnya mereka yang ingin membeli lahan. Nofi menyarankan agar masyarakat menelaah dulu lahan yang hendak dibeli untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari. 
“Harus ditelaah dahulu lahan itu milik siapa, kemudian statusnya bagaimana. Kalau perlu berkonsultasi dengan pihak kelurahan setempat untuk memastikan status lahan itu,” tuturnya.
Jika jalur hukum tidak menyelesaikan masalah hingga membuat potensi adu fisik terjadi, dia mengaku selalu berkoordinasi dengan aparat terkait. Tujuannya agar tindakan anarkis yang bakal dilakukan sekelompok orang dapat dicegah. “Dalam hal ini kami selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI hingga Satpol PP. Kami tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelasnya. 
Kapolsekta Samarinda Seberang Kompol Danang Setiyo juga mengimbau masyarakat untuk menuntaskan masalah dengan cara yang baik. Karena dengan tegas Danang bakal menindak siapapun yang melakukan aksi kekerasan.
“Jika terbukti bersalah akan kami tindak, siapapun dia. Makanya saat menghadapi persoalan, kami selalu minta masyarakat untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin. Amarah tak menuntaskan masalah,” tutur Danang. (aya/rin) 
Sumber:Prokal.co




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Penilaian Website

Bagaimana menurut anda tentang website Dinas Pertanahan Kota Samarinda?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang Baik

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video