Back to homepage

Visi Misi Dinas Pertanahan Kota Samarinda

VISI DAN MISI DINAS PERTANAHAN KOTA SAMARINDA

 

VISI

Terwujudnya Tertib Administrasi, Penataan dan Pemanfaatan Tanah.

Penjelasan dari visi ini adalah pola pengelolaan tata guna tanah yang meliputi penataan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang berwujud pengaturan kelembagaan yang terkait dengan pemanfaatan tanah sebagai satu kesatuan sistem untuk kepentingan masyarakat secara adil.

 

MISI

  1. Meningkatkan penyelenggaraan administrasi pertanahan berbasis Informasi Teknologi (IT).

Adalah pola pengelolaan perijinan, penggunaan tanah, data dan informasi pertanahan yang melalui pengaturan kelembagaan atau perorangan yang terkait dengan penataan, penggunaan dan pemanfaatan tanah sebagai satu kesatuan sistem untuk kepentingan masyarakat.

 

  1. Mewujudkan penyelenggaraan persiapan pengadaan tanah tanah sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan.

Adalah pola pengelolaan pengadaan tanah yang meliputi tahapan penyelenggaraan persiapan pengadaan tanah melalui koordinasi dan kerjasama kelembagaan yang terkait dengan pengadaan tanah sebagai satu kesatuan untuk kepentingan umum.

 

  1. Meningkatkan penyelenggaraan pengawasan pemanfaatan tanah.

Adalah kegiatan mengawasi pemanfaatan tanah kosong atau tanah terlantar, sehingga tercipta pola pemanfaatan tanah kosong atau tanah terlantar yang terkendali dan sesuai dengan peruntukan dan kepentingan masyarakat.

 

  1. Meningkatkan penyelesaian sengketa tanah.

Adalah kegiatan fasilitasi penyelesaian sengketa pertanahan antar perorangan dan lembaga, sehingga tercipta penyelesaian sengketa diluar pengadilan, dan penyelesaian maslah ganti kerugian dan santunan tanah atas pengaduan pemilik tanah.